SMART TEACHING TRAINING IN HOLIDAY

SMART TEACHING SEBAGAI HIBURAN GURU DI HARI LIBUR SEKOLAH

Senin, 17 Desember 2018 adalah hari libur sekolah pertama semester ganjil 2018 - 2019.

Hari pertama libur sekolah bagi guru-guru Play Group-TK-SD-SMP-SMA-SMK Al-Irsyad Surabaya merupakan hari pertama untuk mengikuti pelatihan oleh KPI (Kualita Pendidikan Indonesia).

Pelatihan yang bertema SMART TEACHING itu diadakan YPAS dalam waktu 3 hari, tepatnya mulai Senin-Rabu, 17-19 Desember 2018.

Meski awalnya kebanyakan peserta seperti layaknya tahanan, sebagaimana  dalam sesi membangun suasana, trainer membagi kriteria pesertanya menjadi 4 type.

Peserta yang memiliki sifat sebagaimana :
1. Tahanan : Merasa terpaksa
2. Turis   : Enjoy saja, menikmati, setiap keadaan
3. Teroris   : Pembuat suasana gaduh
4. Pembelajar : Serius, fokus, punya niat untuk menuntut ilmu

Namun sebagaimana yang terlihat sampai hari kedua banyak di antara peserta yang kemudian tampak menikmati sekali, sehingga minimal type peserta berubah menjadi turis bahkan ada yang kemudian sebagai seorang pembelajar.

Hal ini terjadi karena para trainer KPI mampu menyampaikan materi dengan menggairahkan dan menghibur.

Sehingga jatah liburan bersama keluarga sedikit tergantikan dengan belajar yang menghibur.

Guru diajak belajar cara mengajar Smart Teaching dengan metode yang Smart juga.

Setidaknya keadaan seperti itu terlihat di kelas saya yakni kelas E, wabil khusus kelompok Lanang.

Terima kasih Ustadz Trainer Ahmad Muammar yang medok Tuban dan sempat diprotes peserta karena diminta berbahasa Indonesia saja agar dia bisa mengerti apa yang diucapkan.

Terima kasih juga kepada Ustadzah Yuni "Sara" Istichani yang sering dengan sabar mencoba menjelaskan kepada peserta yang ingin penjelasan lebih jauh dari sisi ilmiah tentang materi yang disampaikan. 

Semoga semua peserta ahirnya tidak hanya menjadi turis saja tapi menjadi peserta pembelajar, yang akan pulang membawa ilmu yang yuntafa'u bih.

Panitia dan para trainer juga mendapat pahala jariyah ilmu dengan terselenggaranya acara ini, jazakumullahu khoiron, Aamiin.

πŸ’»GALERY MATERI & DOKUMENTASIπŸ“Ί

REVIEW MATERI HARI I :

Oleh : Harmaji, S.Pd

🍐🍐🍐🍐🍐🍐🍐🍐🍐
Asas Smart Teaching (ST):
" BAWALAH DUNIA MEREKA KE DUNIA KITA...ANTARKAN DUNIA KITA KE DUNIA MEREKA"

🌲🌲🌲🌲🌲🌲🌲🌲🌲
5 prinsipST:
1. Segalanya berbicara
2. Segalanya bertujuan
3. Alami baru namai
4. Akui setiap usaha
5. Jika layak di pelajari layak pula dirayakan

🍎🍎🍎🍎🍎🍎🍎🍎🍎
MODALITAS BELAJAR adalah :
Cara tercepat otak untuk menyerap informasi, berinteraksi dan berkomunikasi.

🍎🍎🍎🍎🍎🍎🍎🍎🍎
Modalitas belajar:
1. visual
2. auditori dan
3. kinestetis.

🍎🍎🍎🍎🍎🍎🍎🍎🍎
Type visual cirinya:
πŸ’šRAPI
πŸ’šminta di catet...
πŸ’štidak tergaggu keributan...
πŸ’šberbicara dgn cepat...pembaca yg cepat.
πŸ’šlebih suka seni rupa drpd musik...
πŸ’šlbh suka demonstrasi drpd pidato...
πŸ’štidak pandai memilih kata2...
πŸ’škadang sering kehilangan konsentrasi.

πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄
Cara mengajar anak visual :
πŸŽ“lebih tenang saat mengajar di dpan kelas..gerak per segmen
πŸŽ“sebutkan frase2 kunci ato garis besar
πŸŽ“gunakan simbol2
πŸŽ“gunakan warna2 (stabilo)

🍎🍎🍎🍎🍎🍎🍎🍎🍎
CIRI2 AUDITORI:
πŸŽ“Berbicara pd diri sendiri ketika bekerja.
πŸŽ“Senang baca keras dan suka mendengarkan
πŸŽ“Menggerakkan bibir
πŸŽ“Mengucapkan tulisan..tidak bisa baca dalam hati
πŸŽ“Mudah terganggu keributan
πŸŽ“Hebat berbicara
πŸŽ“Kesulitan menulis
πŸŽ“DPT MENIRUKAN NADA BIRAMA  dan warna suara
πŸŽ“Berbicara dlm irama yg terpola
πŸŽ“Biasanya berbicara yang fasih dan suka berbicara

πŸ‡πŸ‡πŸ‡πŸ‡πŸ‡πŸ‡πŸ‡πŸ‡πŸ‡πŸ‡
BAGAIMANA MENGAJAR ANAK AUDITORI:
➡Gunakan variasi vokal
➡Gunakan pengulangan konsep/petunjuk.
➡Mintalah anak tuk memberitahukan
➡Nyanyikan konsep kunci..
➡Gunakan musik sebagai aba2...contoh bersih2, anak soleh/ah
➡Dorong anak untuk memikirkan
➡Buatlah bahasa isyarat

⭕⭕⭕⭕⭕⭕⭕⭕⭕⭕
CIRI2 KINESTETIS:
 ✔Belajar dgn cara meraba menyentuh
✔Menyentuh orang untuk mendapat perhatian
✔Banyak gerak..berorientasi fisik
✔Belajar dgn manipulasi dn praktek.
✔Menggunakan jari sebagai petunjuk ketika membaca
✔Byk menggunakan isyarat tubuh
✔Tdk bisa duduk diam lama
✔Sulit mengingat geografi kecuali dia pengalaman/mengalami
✔Memiliki tulisan cenderung jelek
✔Ingin melakukan segala sesuatu

πŸ…πŸ…πŸ…πŸ…πŸ…πŸ…πŸ…πŸ…
Cara mengajar anak KINESTETIS:
πŸ‘‰Pagi hari ajak anak kinestetik dgn senam
πŸ‘‰Berikan bimbingan secara paralel (jgn berhadapan)..
πŸ‘‰Kalo anak visual dgn menatap matanya  tapi kinestetis...Gunakan sentuhan kaki..pundak.
πŸ‘‰duduk paralel disebelahnya
πŸ‘‰upayakan berbicara 4 mata
πŸ‘‰peragakan konsep.

































Komentar

  1. barokallah... semoga apa yang dipelajari dapat dilaksanakan, diamalkan dengan baik ya ust.... guru smart siswa bersemangat.

    BalasHapus

Posting Komentar